Kegaduhan anak kuliah

Kelas karyawan adalah kelas yang paling banyak diminati oleh mahasiswa pekerja, walau administrasi lebih mahal dibandingkan kelas perkuliahan biasa namun kelas sabtu memiliki waktu yang sangat fleksibel. Kuliahnya hanya seminggu sekali, tapi ketika menjelang UTS dan UAS jadwal perkuliahan ditambahkan, namun tidak dengan bertatap muka, melainkan perkuliahan online yang disebut e-learning. Cukup hanya membuka laptop di rumah perkuliahan bisa dilakukan.

Ketika e-learning datang seketika group kelas menjadi gaduh, banyak sekali yang mengeluh pusinglah, banyaklah tugasnya, sistem erorlah dan sebagainya. Beda dengan perkuliahan yang bertatap muka. jika karna e-learning group menjadi gaduh, kalau bertatap muka kelaslah yang menjadi gaduh ketika dosen yang mengajar tidak enak atau membuat mata mengantuk.  Lalu ketika dosen tidak hadir, anak yang duduk dibelakang selalu meminta pulang, padahal dosen sudah kirim pesan “pulang tetap jam sekian walau saya tidak hadir” tapi tetap saja mereka ribut ingin pulang.

Tak hanya karna dosen kelas gaduh, melainkan karna ditagih membayar uang kas tiap minggunya, seketika kelas menjadi gaduh, ada yang berteriak sudah bayar tapi pada nyatanya dia belum membayar, ada yang kabur pura-pura jajan lalu pas kembali ke kelas dan ditagih alasannya uang sudah dijajanin.  

Begitulah cerita anak kuliahan di universitas tempat saya kuliah, cerita tersebut adalah nyata tanpa dibuat-buat.






                                                                                                 -Nela Yunita-

Komentar